Halaman

Ucapan Selamat Tahun Baru 2017, Ucapan Valentine, Ucapan Hari Kartini RA, Ucapan Selamat Ulang Tahun

Sabtu, 24 Desember 2016

Ucapan Selamat Hari Meteorologi Sedunia (Internasional) 2017/2018

Hari Meteorologi Dunia pada tahun ini mengangkat tema “Hotter, Drier, Wetter, Face the Future”. Tidak ingin ketinggalan, BMKG juga memperingati hari dimana organisasi meteorologi internasional (WMO) ini dibentuk dengan mengangkat tema utama yaitu “Anomali Cuaca dan Iklim, Tantangan dan Peluang Masa Depan Indonesia”.

Sebelumnya STMKG telah melaksanakan beberapa kegiatan terkait hari meteorologi dunia, seperti 1st Atmospheric Science Olympiad yang diselenggarakan pada tanggal 19 Maret 2016 dan Seminar Nasional Meteorologi dan Klimatologi pada tanggal 22 Maret 2016 yang diikuti oleh seluruh taruna/i STMKG.

Dalam upacara tersebut Wisnu K. Sanjaya, S.Si, M.Si, selaku inspektur upacara, dalam amanatnya membacakan pidato Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dr. Andi Eka Sakya M,eng, mengenai perubahan iklim yang terjadi belakangan ini yang semakin mempengaruhi seluruh sektor sosial ekonomi, dari pertanian hingga pariwisata, dari infrastruktur hingga kesehatan.

Pada tanggal 23 Maret 1950 para ilmuan di dunia yang mengguluti tentang ilmu atmosfer bersepakat untuk menjadi tanggal tersebut sebagai Hari Meteorologi Dunia (World Meteorology Day) dengan mengusung tema pada acara tersebut sesuai dengan isu dunia akan perkembangan ilmu atmosfer khusus nya yang berkaitan erat dengan ilmu meteorologi. Tahun 2014 genap 64 tahun umur ilmu meteorologi ini dikenal di kalangan masarakat ilmuan di dunia ini. Pada tahun 2014 ini Organisasi Meteorologi Dunia (World Meterological Organization) mengangkat tema tentang "Weather and Climate: Enganging youth" yang jika di bahasa Indonesia kan berarti, "Cuaca dan Iklim: Mengundang Partisipasi Kaum Muda".

Hari Meteorologi ini juga menyoroti kontribusi besar yang Meteorologi Nasional dan Layanan Hidrologi untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat. Dimana pada Hari Meteorologi ini secara khusus WMO juga mengajak para muda-mudi untuk mempelajari lebih lanjut tentang cuaca dan sistem iklim dan memberikan kontribusi serta tindakan terhadap perubahan iklim. Referensi: Badan Meteorologi Dunia. 

Ucapan Selamat Hari Meteorologi Sedunia

Ucapan Selamat Hari Meteorologi Sedunia (Internasional) 2017/2018

Facebook Twitter Google+

Back To Top